Keren! Majukan Umkm Daerah, ITS dan Pemkab Banyuwangi Dirikan SMK Kreatif

24 Maret 2016 Berita Pendidikan


Bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, belum lama ini Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mendirikan sebuah SMK Kreatif. Gagasan ini muncul dan sejalan bagi kedua belah pihak. Hal ini menurut Pemkab merupakan sebuah langkah awal guna meningkatkan perkembangan ekonomi kreatif terutama di daerah.

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan bahwa untuk penerapan tenaga pengajar, dalam waktu dekat ITS akan hadir dan dikirim ke Banyuwangi untuk melatih beberapa guru. Nantinya, para guru di Banyuwangi akan diberi materi tentang ekonomi kreatif dan kewirausahaan seiring dengan persiapan yang dilakukan Banyuwangi dalam menyiapkan peluncuran program "Rumah Kreatif".

Tidak hanya dosen, nantinya juga akan ada mahasiswa yang dikirim ke Banyuwangi. Karena pada tahun ini sendiri, terget penerimaan siswa diharap tercapai dan sesuai perkiraan Gubernur Jatim.

SMK Kreatif bukan merupakan satu-satunya, pasalnya pemerintah Banyuwangi kini tengah fokus dalam membangun membangun e-commerce atau market place untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Apalagi masyarakat mau tidak mau harus siap akan adanya era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Hal ini tentu menjadi langkah pencegahan dan pengembangan agar tidak kalah dalam persaingan global.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)