Keren, Dua Siswa SMP Sabet Medali Emas Olimpiade Sains di Korsel!

14 Desember 2015 Berita Pendidikan


Pada 2 - 11 Desember 2015 lalu telah diadakan International Junior Science Oympiad (IJSO) di Daegu, Korea Selatan. Sebanyak 40 negara mengikuti olimpiade sains ini. Dari 40 negara, Indonesia juga turut serta berpatisipasi memperebutkan medali olimpiade ini.

Dan kabar baiknya, Indonesia berhasil merebut 12 medali, yakni 2 medali perunggu, 8 medali perak, dan 2 medali emas!

Medali tersebut berhasil diraih oleh 2 tim perwakilan Indonesia, yang masing - masing terdiri dari 6 pelajar SMP. Selain itu, Indonesia menurunkan 2 pendukun teknis untuk berkompetisi. Dua medali emas diraih oleh Hilya Nadhira Imam dari SMPI Al Azhar 8, Kota Bekasi, Jawa Barat dan Ivander Jonathan Marella Waskito, SMP Mawar Sharon Christian School, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

Menurut Direktorat Pembinaan SMP Ditjen Dikdasmen Kemendikbud, medali dari IJSO merupakan prestasi yang gemilang karena semua siswa membawa pulang medali. Apalagi IJSO 2015 ini perjuangan tim Indonesia cukup berat terutama dalam mengungguli negara tuan rumah maupun negara peringkat teratas di IJSO tahun 2014.

IJSO 2015 diikuti 249 siswa dari 40 negara, yakni Australia, Azerbaijan, Bangladesh, Botswana, Brasil, Kamboja, China, Kolombia, Kroatia, Siprus, Estonia, Jerman, Hongkong, Hungarai, India, Iran, Irlandia, Kazakhstan, Kenya, Kyrgystan, Lithuania, Macau, Moldova, Myanmar, Belanda, Filipina, Korea, Romania, Rusia, Arab Saudi, Serbia, Slovakia, Afrika Selatan, Taiwan, Tajikistan, Thailand, Turkemenistan, Vietnam, Zimbabwe dan Indonesia.‎

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)