Kenapa Banyak yang Memilih Inggris, Ya?

9 Desember 2011 Berita Pendidikan


JAKARTA - Anda ingin melanjutkan studi ke luar negeri? Negara di benua manakah yang ingin Anda tuju? Jika benua Eropa, maka Anda harus mempertimbangkan Inggris sebagai salah satu negara yang Anda tuju.

Kenapa harus Inggris?

Ada sejumlah alasan yang mendorong para pelajar dari seluruh penjuru dunia memilih Inggris sebagai tujuan studinya. UK Education Manager British Council, Andrias Soesilo mengungkapkan, salah satu alasannya adalah pendidikan tinggi Inggris telah tersertifikasi secara internasional. Oleh karenanya, para lulusan dapat bekerja di negara manapun di seluruh dunia.
Selain itu, menurut Andrias, salah satu hal yang mendorong para pelajar dari berbagai negara datang ke Inggris adalah karena reputasi universitas-universitasnya.

"Para pelajar yang datang ke Inggris saat ini lebih aware, jika beberapa waktu lalu banyak yang memilih Inggris karena suka dengan kehidupan di London, tapi saat ini para pelajar datang ke Inggris karena pertimbangan kualitasnya," kata Andrias, dalam diskusi"UK Higher Education" yang digelar oleh Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia bersama British Council, pada "The Best of UK Festival", di Epicentrum Walk, Rasuna Said, Jakarta, Jumat (9/12/2011).

Ia menambahkan, kualitas beberapa perguruan tinggi seperti University of Cambridge dan Oxford University cukup dipertimbangkan di mata dunia. Hal itu terjadi lantaran ilmu pengetahuan yang ada di universitas tersebut terus melaju dengan pesat. Perkembangan seperti ilmu bisnis, dan teknologi misalnya, ia klaim sangat sesuai dengan perkembangan terkini.

"Beberapa universitas di Inggris masuk dalam jajaran lima terbaik universitas di dunia, tidak hanya universitas yang ada di London, University of Manchester juga unggul dalam ilmu bisnis dan teknologi," ungkapnya.

Tidak hanya itu, lanjut Andrias, ketika para pelajar internasional terbentur dengan berbagai kendala yang bersifat akademis, mereka akan dibantu oleh beberapa konselor yang memberikan pelatihan mengenai komunikasi dalam bahasa Inggris, hingga untuk mengasah keberanian para pelajar melakukan presentasi, dan mengeluarkan pendapat.

"Di Inggris, S-1 bisa dilakukan dalam waktu tiga tahun. Faktor kegagalan sangat kecil karena selalu dimonitor. Para pelajar bisa berkomunikasi dengan konselor mereka jika ada masalah dengan pembelajaran," ujarnya.

Hal lain yang menjadi nilai plus untuk para pelajar yang ingin melanjutkan studi di Inggris adalah budayanya yang sangat multikultural. Para pelajar akan memiliki kesempatan membangun jaringan karena banyak pelajar lain dari seluruh dunia yang melanjutkan studi di Inggris.

"Masyarakat di sana akan menghargai orang lain saat beribadah. Inggris juga sangat aman, kriminalitas rendah, dan terdapat transportasi massal yang nyaman selama 24 jam," ujarnya.

Sumber: kompas.com