Kenalkan Siswa pada Dunia Kerja

17 Mei 2010 Berita Pendidikan


Setidaknya siswa perlu diperkenalkan pada tempat kerja dan peluang karir yang tersedia dengan cara mendekatkan mereka pada dunia kerja sesungguhnya dengan mengeksplorasi kemampuan dan skil yang dimilikinya.
Demikian diungkapkan Direktur Operasional Prestasi Junior Indonesia (PJI) Robert Gardiner di acara peluncuran program Job Shadow untuk siswa-siswi di SMA Muhammadiyah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Jumat (14/5/2010). Job Shadow merupakan program pendidikan siswa SMA/vokasi terkait pengetahuan dan persiapan siswa menghadapi peluang usaha dan dunia kerja.

"Di usia mereka, 15 sampai 17 tahun, sangat penting untuk mulai dikenalkan pada dunia kerja dan usaha, yaitu dengan menanamkan motivasi dan rasa percaya diri mereka menghadapi dunia tersebut," ujar Robert.

Tidak cukup hanya dengan teori, kata Robert, melainkan juga harus diperkuat dengan praktik. Untuk itu, PJI bekerjasama dengan Caterpillar Foundation dalam memfasilitasi para siswa mengenal langsung dunia kerja yang sesungguhnya itu.

"Di salah satu tahap program ini para siswa kami ajak langsung mengunjungi perusahaan Caterpillar Indonesia dan beradaptasi dengan lingkungan kerja sesungguhnya," ujar Robert.

Direncanakan selama dua pekan pada 17 Mei-30 Juni mendatang, para siswa akan melakukan magang atau mentoring bersama para karyawan berprestasi yang sudah terpilih. Siswa kemudian diajak melihat langsung para mentor mereka, yaitu karyawan Caterpillar, menggunakan skill dan pengetahuannya untuk memajukan perusahaan.

"Pesertanya 120 orang dan untuk membaginya setiap hari kami menangani 20 siswa. Pembelajaran terasa sangat efektif karena satu siswa didampingi oleh satu mentor," tambahnya.

Adapun program Job Shadow merupakan program internasional yang dicetuskan oleh Junior Achievement (JA) Worldwide untuk siswa-siswi sekolah menengah di 10 negara. Di Indonesia, program ini ditangani oleh PJI sebagai bagian dari organisasi Junior Achievement (JA) Worldwide, yang khusus bergerak di bidang pendidikan. Di wilayah Bogor, program ini tengah diterapkan PJI pada siswa-siswi terpilih dari SMK Muhammadiyah 1 Cileungsi dan SMAN 1 Cileungsi.

sumber: kompas.com