Kenalkan Cerita Rakyat, Mahasiswa Ubaya Ciptakan Komik Digital Berbasis Android

2 Maret 2015 Berita Pendidikan


Seiring berkembangnya industri kreatif di Indonesia, mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya), Rudhi Soegiarto berkarya dengan menciptakan komik digital berbasis sistem operasi Android. Komik tersebut bercerita tentang legenda Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Rudhi memang tertarik dengan legenda Jaka Seger dan Rara Anteng yang disingkat Tengger (nama suku di kawasan Bromo), dikarenakan dirinya kebetulan berasal dari Probolinggo.

Seperti kita ketahui belakangan, anak muda sekarang ini hanya menggemari komik-komik asing saja. Sebut saja Manga dari Jepang. Hal tersebut merupakan landasan terciptanya komik digital yang dibuat oleh salah satu Mahasiswa Program Studi Multimedia pada Fakultas Teknik di Ubaya tersebut.

"Saya sudah uji coba komik digital Legenda Bromo itu kepada 30-an siswa SMA pada dua sekolah di Surabaya, ternyata mereka suka, apalagi ada unsur animasi (gerak), meski tidak banyak," paparnya.

Hal yang membuat komik tersebut menarik, aplikasi tersebut juga disisipkan beberapa tampilan interaktif, seperti untuk melanjutkan cerita atau membaca teks cerita harus disentuh pada simbol tertentu, lalu ada tombol "Bagian" untuk memilih adegan secara melompat.

Komik digital tersebut menghabiskan waktu 3 bulan dalam pengerjaannya. Dibuat dengan Adobe Flash, Rudhi belum merencanakan untuk mengkomersialisasikan karya ciptaannya yang memiliki 16 halaman tersebut.

"Yang jelas, saya memang ingin mempublikasikan cerita rakyat melalui teknologi agar masyarakat tidak hanya datang ke Gunung Bromo, tapi tidak tahu apa-apa atau hanya berdasarkan cerita dari mulut ke mulut, buku cerita, dan film pendek," jelasnya.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)