Kemristekdikti Terus Tingkatkan Akreditasi Institusi Guna Cetak SDM Berkualitas

6 Februari 2017 Berita Pendidikan


Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi Kemristekdikti Totok Prasetyo mengatakan bahwa pihaknya kini terus melakukan pembinaan terhadap perguruan tinggi negeri maupun swasta yang masih terakreditasi B agar menjadi akreditasi A.

Hal ini menurutnya penting untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan tinggi di Indonesia. Menurut Totok, peningkatan akreditasi institusi bisa dicapai jika perguruan tinggi mampu mencapai standar pendidikan yang ditetapkan pemerintah seperti rasio mahasiswa dengan dosen, reputasi dosen, jumlah jurnal internasional dan fasilitas yang ada.

Pemerintah juga kini tengah melakukan berbagai macam sosialisasi agar perguruan tinggi meningkatkan akreditasi institusi. Dengan adanya peningkatan akreditasi ini, diharapakan para perguruan tinggi yang ada di Indonesia bisa masuk sebagai 500 perguruan tinggi terbaik di dunia.

Saat penyerahan Sertifikat Akreditasi Institusi A untuk Universitas Sanata Dharma (USD), Rektor USD Johanes Eka Priyatma mengatakan USD mengatakan bahwa kampusnya berhasil meraih akreditasi institusi A dengan nilai 373 dan terbaik se-Indonesia itu karena sejak lama memanfaatkan sistem informasi untuk menyimpan database universitas.

"Hal itu membuat kami bisa dengan cepat dan mudah memaparkan berbagai informasi yang dibutuhkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) saat melakukan visitasi dalam rangka akreditasi institusi," katanya.

Menurut dia, raihan akreditasi institusi A itu membawa konsekuensi USD harus meningkatkan standar pengelolaan institusi dan Tri Dharma Perguruan Tinggi. USD juga berkomitmen melakukan internasionalisasi kampus.

Maka dari itu, USD akan meningkatkan jumlah penelitian, publikasi, dan program pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen dan mahasiswa serta meluluskan mahasiswa tepat waktu dengan rata-rata indeks prestasi akademik (IPK) tinggi.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)