Kemenristekdikti Luncurkan Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Tahun 2017

24 April 2017 Berita Pendidikan


Ristek atau Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Dikti) akan membuka Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru (PPG), mulai tahun 2017.Direktur Jenderal (Dirjen) Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo mengatakan, kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu guru dan pendidikan di Indonesia.Selain itu juga, peluncuran prodi PPG tersebut untuk mendukung terbentuknya tenaga pengajar yang kompeten. Sebelumnya pihaknya juga telah membuka pendidikan profesi insinyur.Ini amanat UU profesi guru dan dosen. Selama ini PPG tidak melibatkan organisasi profesi dan hanya menunjuk instansi tertentu sebagai penyelenggara.

Patdono Suwignjo juga menyebutkan, Prodi PPG akan dibuka di semua Perguruan Tinggi (PT). Hanya saja, PT tersebut harus memenuhi persyaratan, yakniterakreditasi lembaga dan prodi S1-nya. Bisa akreditasi A atau B, kalau C ya tidak bisa.

Atas keberadaan prodi ini, Kemenristekdikti juga akan menghapuskan syarat peserta PPG yang harus mengikuti program Sarjana Mendidik di kawasan 3T (SM3T). Karena menurutnya PPG bisa dibuka seluruh perguruan tinggi, baik di Jawa maupun di luar Jawa.

Patdono Suwignjo kembali menuturkan, tujuan SM3T untuk melatih calon guru di daerah. Karena sebetulnya proses pendidikannya itu tidak di daerah. Menurutnya, untuk mendaftar prodi PPG tidak diharuskan fresh graduated. Kesempatan juga diberikan kepada guru yang belum sempat mengikuti PPG.

"Kami akan hapus syarat peserta PPG yang mengikuti program SM3T. Karena Prodi ini sudah kami buka di semua PT," ujarnya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)