Kemenristek Dikti: Tahun Depan, SMK Lebih Mudah Lanjut ke Politeknik

6 Oktober 2015 Berita Pendidikan


Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK kini tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Pasalnya, tidak jarang prestasi yang membanggakan dan mendunia datang dari ranah sekolah kejuruan. Untuk menunjang kemampuan tersebut, biasanya lulusan SMK akan melanjutkan ke jenjang lebih tinggi yaitu politeknik.

Politeknik dirasa tepat untuk siswa SMK yang ingin mengeksplor lebih jauh terhadap jurusan yang mereka ambil sebelumnya di bangku sekolah serta mempersiapkan tenaga kerja yang lebih matang. Melihat hal tersebut Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek DIKTI) memiliki sejumlah rencana untuk tahun 2016 yang memfokuskan pada peningkatan kesiapan kerja mahasiswa, penguatan perempuan di pendidikan tinggi, kemudahan transfer kredit dari SMK ke politeknik, serta ribuan beasiswa.

Direktur Pembelajaran DIKTI, Paristiyanti Nurwardani mengatakan perlu peran aktif riset aksi dalam memperkuat tri darma pendidikan. Khususnya meneliti kemudahan transfer kredit dari SMK ke politeknik.

Dia berharap forum Program Riset Aksi (PRA) United States Agency for International Development (USAID) mampu memberikan kontribusinya tentang kemudahan ini. Pantas atau tidak, sebab hal ini untuk pengembangan sumber daya manusia.

Paristiyanti mengajak semua peneliti untuk memperkuat tri darma pendidikan di institusi pendidikan tinggi Indonesia guna mempermudah transfer program tersebut.

Adanya Forum PRA USAID Higher Education Leadership and Management (HELM) sangat berguna disamping bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar mengenai berbagai inisiatif riset aksiguna dalam mengembangkan kapasitas individu dan institusi yang dilakukan oleh 15 institusi pendidikan tinggi.

Program yang telah aktif sejak 2012 ini diprakarsai 10 universitas dengan 20 peneliti. Mereka memulai PRA dengan menggunakan beberapa lembaga pendidikan tinggi di Thailand dan Filipina sebagai tolak ukur dan studi banding.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)