Kemenristek Dikti Akan Membangun Taman Teknologi di Sulsel

25 September 2015 Berita Pendidikan


Sebagai wujud kebutuhan pendidikan masyarakat di Sulsel, Kemenristek Dikti berencana membangun Taman Teknologi dan Ilmu Pengetahuan (Science and Technology Park/STP).

Menurut Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi Prof Dr Andi Niartiningsih,Taman teknologi ini merupakan salah satu dari program unggulan Presiden Jokowi, Sembilan Agenda Prioritas (Nawa Cita). Butir keenam dari Nawa Cita disebutkan akan membangun sejumlah "science dan technopark" di daerah, menggunakan sarana dan prasarana berteknologi terkini.

Program ini ditargetkan akan membangun 100 technopark di kabupaten/kota dan 35 science park di provinsi sebagai upaya meningkatkan produktivitas dalam negeri berbasis nilai tambah.

Bupati Sinjai, Sabirin Yahya merespon positif dengan rencana tersebut dan siap untuk menyediakan lahan demi menyukseskan program itu. Ia berharap dengan adanya technopark tersebut, potensi Kabupaten Sinjai, seperti perikanan dan kelautan, pertanian dan peternakan dapat menjadi objek dari program tersebut.

Beberapa kampus di Sinjai, tambahnya, kelak menjadi mitra dalam menyukseskan program itu, seperti STISIP Muhammadiyah Sinjai, STIP Muhammadiyah Sinjai, STAIM Sinjai, serta ada akademi kebidanan.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)