Kemendikbud Telah Rilis Jadwal UN 2013. Penasaran?

31 Januari 2013 Berita Pendidikan


Masa-masa awal sekolah saat kita baru memasuki jenjang memang menyenangkan seperti pertama kali lulus dan masuk kembali ke jenjang yang baru. Dari menghadapi masa orientasi, adaptasi dengan teman baru dan hal-hal baru yang dilewati akan menjadikan pengalaman yang tak terlupakan.

Namun setelah awal-awal tahun telah dilewati, tidak terasa kita dihadapkan dengan puncaknya pembelajaran kita yaitu Ujian Nasional. Bagi yang menggemari hiburan seperti bermain PS, main game online, dan permainan yang menyenangkan sebaiknya dikurangi karena Ujian Nasional ini menentukan lulus atau tidaknya kita.

Dari berita pendidikan, Kemendikbud secara resmi telah menentukan Jadwal Ujian Nasional 2013 ini. Jadwal UN 2013 ini tercantum dalam POS (Prosedur Operasi Standar) UN.

Prosedur Operasi Standar UN atau biasa disebut POS UN ini baru ditandatangani oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) pada Selasa (29/1/2013) lalu. Dalam POS UN ini, tidak hanya jadwal UN saja tapi juga dicantumkan peraturan lain seperti standar kelulusan dan tata tertib.

Menurut POS UN tersebut, UN untuk tingkat SMA/MA akan diselenggarakan pada tanggal 15-18 April. Sementara untuk tingkat SMK dan SMALB, UN akan digelar pada tanggal 15-17 April. Bagi siswa yang sakit atau berhalangan hadir dapat mengikuti UN susulan yang diselenggarakan pada tanggal 22-25 April.

Lalu untuk tingkat SMP/SMPLB/MTs, UN dilaksanakan pada tanggal 22-25 April dengan 4 rincian mata pelajaran bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Sama seperti tingkat SMA, UN susulan dilakukan sepekan setelah UN berlangsung yaitu pada tanggal 29 April-2 Mei.

Dan untuk tingkat SD/SDLB/MI, Ujian Nasional akan diselenggarakan pada tanggal 6-8 Mei dengan 3 mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. UN susulan bagi yang sakit atau tidak hadir akan dilaksanakan pada tanggal 13-15 Mei.

Untuk info mengenai pengumuman kelulusan, untuk tingkat SMA/SMALB/SMK/MA akan diumumkan pada tanggal 25 Mei. Kemudian tingkat SMP/SMPLB/MTs diumumkan pada tanggal 1 Juni dan tingkat SD/SDLB/MI pengumuman hasil UN 2013 dilakukan pada tanggal 8 Juni.

Kemudian untuk standar kelulusan pada Ujian Nasional tahun ini tetap sama dari ketentuan tahun lalu, yaitu nilai rata-rata UN minimal 5,5. Pola penghitungan nilai akhir juga tidak jauh berbeda. Namun hasil UN dan nilai akhir pada tahun ini merupakan salah satu syarat bagi para peserta didik untuk dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri.

Siswa dinyatakan lulus UN jika nilai rata-rata dari semua nilai akhir paling rendah 5,5 dan nilai minimal per mata pelajarannya 4,0. Nilai tersebut harus wajib dipenuhi agar bisa lulus.

Pengertian nilai akhir sendiri merupakan kombinasi dari nilai sekolah dari mata pelajaran yang diujikan secara nasional dengan bobot 40 persen dan nilai UN dengan bobot 60 persen. Sementara nilai sekolah diperoleh dari gabungan 40 persen nilai rapor dan 60 persen nilai Ujian Sekolah. Ketetapan ini berlaku untuk semua jenjang baik SD, SMP dan SMA. Kalau SMK ada nilai kompetensi keahlian kejuruan dengan kriteria kelulusan minimal 6,0.

(Dikutip dari berbagai sumber)