Kemendikbud Resmi Terbitkan Kisi-Kisi UN 2017

28 Januari 2017 Berita Pendidikan


Mendekati masa pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2017, para peserta kini sudah dapat mengakses kisi-kisi serta peraturan yang ada di website resmi dengan alamat un.kemdikbud.go.id.

Kisi-kisi ini disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) berdasarkan kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Totok Suprayitno mengatakan bahwa BSNP telah menetapkan serta menyusun kisi-kisi UN dan sudah dapat diakses pada laman resmi UN.

Terkait berbagai contoh pelatihan soal UN yang beredar di sekolah-sekolah, salah satunya di Kabupaten Ciamis dengan motif gambar tidak elok, kata Totok bukan kisi-kisi UN.

"Buku yang temukan terdapat motif gambar yang kurang baik bukan merupakan kisi-kisi UN. Karena kisi-kisi UN disusun dan ditetapkan BSNP," tegas Totok.

Penyampaian diterbitkannya kisi-kisi UN 2017, BSNP telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 0075/SDAR/BSNP/IXX/2016, tentang Kisi-kisi UN tahun pelajaran 2016/2017.

Surat edaran tersebut disampaikan kepada seluruh kepala Dinas Pendidikan provinsi, dan kepala kantor wilayah Kementerian Agama, yang menyebutkan bahwa telah dikeluakan kisi-kisi UN tahun pelajaran 2016/2017 jenjang pendidikan SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SMPLB/SMALB, dan kisi-kisi UN Paket B dan Paket C.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari antaranews.com)