Kemendikbud Berencana Memperkuat Perfilman Indonesia

19 Desember 2014 Berita Pendidikan


Film menjadi salah satu media komunikasi yang digemari masyarakat Indonesia. Film menjadi sebuah saran hiburan sekaligus media edukasi bagi masyarakat. Oleh karena itu, Kemendikbud melalui Ditjen Kebudayaan berencana untuk memperkuat perfilman Indonesia.

Ditjen Kebudayaan telah melaksanakan program - program seperti memproduksi enam film documenter tentang presiden RI, film tentang anak - anak, serta memfasilitasi film - film Indonesia yang masuk dalam nominasi festival film internasional pada tahun 2014.

Dan di tahun 2015 mendatang, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Kacung Marijan mengatakan Kemendikbud akan memperkuat program - program di bidang perfilman, seperti memfasilitasi film Indonesia ke festival internasional, pembuatan animasi, pembuatan film documenter, dan lain - lain.

"Tanggung jawab pemerintah di bidang perfilman akan kita bayar karena perfilman kita belum bagus untuk menjadi kekuatan di negeri sendiri. Akan ada program pelatihan dan pendidikan perfilman di level komunitas oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya Kemendikbud yang ada di daerah-daerah," tegasnya.

Kacung juga menambahkan, di tahun 2015 akan dibuat program nonton bareng film inspiratif untuk masyarakat di kecamatan - kecamatan seluruh Indonesia.

"Ditjen Kebudayaan Kemendikbud telah berdiskusi dengan para pakar perfilman untuk melaksanakan kegiatan nonton film di kecamatan-kecamatan seluruh Indonesia agar dapat berjalan dengan baik dan sistematis," ujarnya.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)