Kemendikbud Akan Buat Peraturan Pembatasan Gadget

25 Februari 2016 Berita Pendidikan


Akhir - akhir ini banyak siswa menggunakan gawai atau gadget saat pelajaran di kelas. Hal ini mendorong Kemendikbud membuat aturan pembatasan gadget di sekolah.

Namun dalam pembuatan peraturan tersebut tak terhindar halangan atau kendala. Mengingat anak juga perlu memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan informasi. Perlu ada aturan konkret untuk mengendalikan dampak negatif teknologi pada anak, namun tidak menghilangkan dampak positifnya.

"Kemdikbud saat ini masih akan melakukan kajian dan "Focus Discussion Group" (FGD) dengan para pelaku pendidikan termasuk orang tua dan guru untuk melihat kesempatan dan risiko membolehkan siswa menggunakan gawai di sekolah," ujar Mendikbud Anies Baswedan.

Pada rapat terbatas tanggal 20 Januari 2016 lalu, Presiden mengarahkan agar mengkaji terlebih dahulu sebelum mengeluarkan kebijakan gadget di sekolah dan jangan terburu - buru jika pertimbangan belum matang.

Anies juga menegaskan untuk para guru dan kepala sekolah sebagai konduktor pembelajaran di dalam kelas dan sekolah harus aktif menimbang dan menentukan kebijakan penggunaan gadget yang tepat.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)