Kemdikbud Muhadjir: Ujian Nasional Tidak Perlu Diadakan Setiap Tahun

26 Oktober 2016 Berita Pendidikan


Ujian Nasional yang kini sebagai pemetaan para siswa dinilai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy sebagai sesuatu yang tidak perlu diadakan setiap tahunnya.

Seperti yang Anda ketahui, UN kini tak lagi menjadi penentu kelulusan para siswa. Indeks kejujuran para siswa serta kecurangan yang terjadi juga semakin berkurang mengingat UN hanya berfungsi sebagai pemetaan.

Maka dari itu, Mendikbud dan pihaknya akan mulai mengkaji apakah UN itu perlu setiap tahun kalau fungsinya hanya untuk pemetaan. Nah dari hasil pemetaan tersebut, maka didapat dua jenis sekolah yakni sekolah yang melakukan terobosan dan sekolah yang belum memenuhi standar.

Menurut dia, sekolah yang melakukan terobosan itu nantinya akan membimbing atau melakukan pendampingan terhadap sekolah yang belum memenuhi standar tersebut.

Karena menurut Muhadjir sendiri, pelaksanaan UN yang dilakukan setiap tahunnya hasil pemetaan yang didapat tak dimanfaatkan. Terlebih mengingat dana yang digelontorkan untuk UN sendiri tidak sedikit yakni lebih dari Rp 500 miliar.

Nantinya jika tidak ada UN, maka dananya lebih baik akan digunakan untuk perbaikan sekolah rusak maupun peningkatan kompetensi guru. Kendati demikian, pihaknya akan melakukan kajian internal mengenai pelaksanaan UN karena melibatkan banyak pihak dan nantinya hasil dari kajian tersebut akan segera ditindak lanjuti.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)