Kelulusan Perlu Perhitungkan Hasil Belajar 3 Tahun

14 Januari 2010 Berita Pendidikan


Penilaian kelulusan siswa dari SD, SMP, dan SMA/sederajat diminta memperhitungkan proses pembelajaran siswa selama bersekolah. Penilaian yang lebih menyeluruh tersebut dinilai lebih efektif memotivasi belajar siswa dan guru karena tidak ada mata pelajaran tertentu yang diistimewakan.

Demikian rekomendasi yang dikemukakan Education Forum (EF) dan Tim Advokasi Korban Ujian Nasional (Tekun) dalam pertemuan dengan Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal di Jakarta, Rabu (13/1/2010) sore ini.

Pertemuan seyogianya dilakukan dengan Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh, tetapi batal. Rekomendasi penilaian kelulusan diharapkan bisa jadi solusi perdebatan hasil UN sebagai syarat kelulusan siswa.

Elin Driana, Koordinator EF, mengatakan, salah satu rekomendasi yang bisa diimplementasikan untuk penilaian kelulusan siswa tahun ini adalah menggabungkan semua nilai siswa dari semester satu hingga enam ditambah nilai UN, lalu dibagi tujuh. Kelulusan siswa berdasarkan perhitungan tersebut dengan ketentuan nilai rata-rata sama dengan atau lebih dari enam.

Laporan wartawan KOMPAS Ester Lince Napitupulu/Editor: latief

Sumber: Kompas.Com