Berita Pendidikan
26 April 2010

Kelulusan di Jawa Barat Peringkat Dua Nasional

Jawa Barat menempati peringkat pertama kelulusan siswa sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuaran di Pulau Jawa tahun ini. Di tingkat nasional, Jawa Barat berada di posisi kedua setelah Bali. Pengumuman kelulusan siswa serentak akan dilakukan besok, Senin (26/4).

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat M. Wahyudin Zarkasyi, tingkat kelulusan SMA di Jawa Barat totalnya mencapai 97,14 persen. Adapun SMK sebanyak 94,04 persen. "Kita masih menunggu hasil penilaian lain, tingkat kejujurannya naik atau tidak," katanya, Minggu (25/4).

Di tingkat SMA, tercatat ada tujuh daerah yang tingkat kelulusannya sangat tinggi. Dalam persentase, daerah tersebut adalah Kabupaten Sumedang (99,60), Kabupaten Garut (99,32), Kabupaten Sukabumi (99,21), Kabupaten Purwakarta (99,20), Kabupaten Majalengka (99,14), Kabupaten Bekasi (99,12), dan Kota Banjar (99,11).

Adapun kelulusan siswa SMA di Kota Bandung sebesar 95,34 persen. Kelulusan paling rendah ada di Kabupaten Indramayu, yaitu 88,80 persen.

Namun tingkat kelulusan SMK di Indramayu, paling tinggi di Jawa Barat. Angkanya mencapai 99,06 persen. Paling rendah terdapat di Kabupaten Karawang, 67,88 persen. Di daerah lainnya, kisaran angka kelulusan SMK antara 91-99 persen.

Pengumuman kelulusan kepada siswa itu diserahkan ke masing-masing sekolah. Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Oji Mahroji, setiap SMA akan menyampaikan hasil Ujian Nasional sekaligus kelulusan siswanya lewat kiriman pos. "Mulai (Minggu) sore akan dikirimkan ke rumah siswa," katanya hari ini.
ANWAR SISWADI

Sumber: Tempointeraktif.Com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris