Kekurangan Guru PNS Dituntaskan Dua Tahun Ini

7 Februari 2018 Berita Pendidikan


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengungkapkan, lima tahun ke depan sekitar 404.900 guru PNS akan pensiun. Sedangkan yang terisi baru 140 ribu orang. Selain itu, ada 736 ribuan guru honorer yang saat ini statusnya tidak jelas. Untuk itu Muhadjir berjanji akan menuntaskan masalah kekurangan guru ini dalam dua tahun yang tersisa.

Menteri Muhadjir mengatakan; saya harapkan ada konklusi terbaik dalam penyelesaian masalah kekurangan guru PNS dan status guru honorer yang tidak jelas ini. Saya menargetkan, waktu dua tahun ini semuanya akan terselesaikan. Dia mengungkapkan, sampai Juni 2017, jumlah guru honorer dan PNS sebanyak 3,268 juta orang, dan 44 persen telah tersertifikasi. Sedangkan jumlah guru PNS sebanyak 1,623 juta orang guru.

Dalam lima tahun ke depan hampir 500 ribu guru PNS akan pensiun. Dari guru yang mau pensiun ini sebanyak 88 persen telah bersertifikat. Oleh sebab itu, Muhadjir menyatakan, perlu dilakukan sinergi dan peran pemerintah daerah dalam rekrutmen, redistribusi, peningkatan kompetensi dan profesionalisme guru. Termasuk pemberian penghargaan dan perlindungan bagi guru.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)