Kekurangan 500 Guru di Malinau, Pemerintah Diharapkan Tambah Formasi Guru

14 Agustus 2015 Berita Pendidikan


Rupanya kekurangan tenaga pengajar masih terjadi di daerah pelosok negeri. Meskipun pemerintah giat menerapkan program pengiriman tenaga pengajar ke daerah 3T (Terdepan, Terluar,Tertinggal), nyatanya Pemerintah Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, tahun ini membutuhkan tambahan 500 guru untuk mengajar di sekolah-sekolah di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malinau Esly Parir mengatakan bahwa usulan formasi tenaga guru pada penerimaan CPNS 2015 diutamakan untuk ditempatkan pada sekolah-sekolah yang berada di wilayah pedalaman dan perbatasan.

Pemerintah daerah kini membutuhkan tambahan guru untuk menjalankan kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah yang baru dibuka pemerintah daerah. Hal tersebut Esly katakan saat siaran pers.

Menurut Esly dinas sudah menyampaikan usul penambahan guru tersebut ke pemerintah pusat melalui Badan Kepegawaian Daerah. Usul serupa sebelumnya juga sudah disampaikan tetapi sampai sekarang belum diwujudkan. Pemerintah daerah pun berencana menambah formasi guru, namun belum merealisasikannya.

Dirinya menyadari hal tersebut kemungkinan terjadi karena keterbatasan anggaran pemerintah dan mengusulkan pemenuhan kebutuhan guru dilakukan secara bertahap setiap tahun.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)