Kejuruan: Bandar Lampung Segera Siapkan SMK Terbuka

3 September 2009 Berita Pendidikan


Pemerintah Kota Bandar Lampung melalui Dinas Pendidikan setempat segera menyiapkan SMK terbuka. Hal itu menyikapi kebijakan pemerintah pusat yang akan mulai menyiapkan SMK terbuka mulai Juni tahun 2010.
Kepala Dinas Pendidikan Bandar Lampung Idrus Efendi mengatakan pihaknya segera menyiapkan SMK terbuka. Sekolah ini untuk menampung siswa lulusan SMP terbuka atau mereka yang tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan formal karena alasan biaya. "Jangankan SMK terbuka, SMK reguler juga sudah kita usulkan untuk ditambah di Bandar Lampung," kata Idrus di Bandar Lampung, Rabu (2-9).

Dia mengatakan Bandar Lampung melalui Dinas Pendidikan mengusulkan pembangunan SMK pada 2009, tetapi belum disetujui Depdiknas. "Jadi kita kembali mengusulkan kepada pemerintah pusat untuk kembali membangun SMK tahun 2010 mendatang," kata dia.

Menurut Idrus, saat ini di Bandar Lampung terdapat enam SMK negeri. Sedang SMK yang akan dibangun dan sedang diusulkan kepada Depdiknas adalah SMK jurusan multimedia dan alat berat. Hal ini mengingat perkembangan dunia informasi dan teknologi yang sangat pesat sehingga membutuhkan tenaga-tenaga andal di bidang multimedia.

Sedang jurusan alat berat disiapkan untuk mengantisipasi tenaga operator dan bengkel alat berat. Sebab, Lampung sebagai daerah agroindustri selama ini memiliki lahan pertanian dan perkebunan luas. Perusahaan-perusahaan di bidang agrobisnis membutuhkan tenaga yang memiliki keahlian alat berat. Selama ini sebagian besar pekerja untuk alat berat masih dipasok dari Pulau Jawa.

"Kita berharap setelah dibukanya SMK jurusan alat berat dan multimedia, anak-anak berbakat dari Lampung bisa ditampung dan menjadi tuan rumah di daerah sendiri," kata dia.

Terkait dengan pembukaan SMK terbuka, Dinas Pendidikan segera berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi untuk menyiapkan lokasi, guru, dan peralatan bagi siswa. Sehingga, siswa bisa belajar dengan optimal dan setelah lulus memiliki kompetensi sesuai jurusan yang mereka pilih. n UNI/S-1

Sumber: Lampungpost.Com