Kalla: Berilah Contoh Lewat Buku!

24 Februari 2011 Berita Pendidikan


JAKARTA - Ketua Umum Palang Merah Indonesia M Jusuf Kalla mengatakan, tanpa buku, suatu bangsa tidak akan maju. Namun, di Indonesia, toko buku justru sulit dijumpai.

"Buku seharusnya menjadi kebutuhan. Membaca justru akan jadi hobi yang bermanfaat. Membudayakan membaca harus terus dilakukan tanpa henti," kata Kalla dalam pembukaan Kompas Gramedia Fair di Istora Bung Karno, Jakarta, Rabu (23/2/2011).

Menurut Kalla, cara paling baik untuk menumbuhkan minat baca adalah dengan memberikan contoh. Di keluarga, orangtua harus menjadi contoh nyata suka membaca. Dalam memberi hadiah untuk anak, misalnya, seharusnya lebih sering memberi buku-buku bacaan sesuai umur dibandingkan dengan games atau handphone.

"Dari contoh yang diperlihatkan kepada anak, nanti jadi kebiasaan. Lalu jadi kebutuhan dan hobi yang tidak putus. Dengan demikian, permintaan atas buku semakin banyak dan buku pun berkembang dalam banyak aspek," papar Kalla.

Pada pembukaan Kompas Gramedia Fair itu juga diluncurkan buku Pak Kalla dan Presidennya. Buku tersebut ditulis wartawan Kompas Wisnu Nugroho.

Sumber: kompas.com