Kak Seto: Guru yang Keren Merupakan Guru yang Memahami Psikologi Anak Didik

28 Mei 2016 Berita Pendidikan


Peran guru atau tenaga pendidik di Indonesia kini menjadi sebuah krisis bangsa. Tidak hanya kemampuan mengajar dan penguasaan materi, ada beberapa skill yang wajib dikuasai oleh guru jika ingin berhasil dalam mengajar dan menciptakan murid yang sukses. Salah satu skill tersebut salah satunya ialah memahami psikologi anak didik atau siswanya.

Hal ini dikemukakan langsung oleh pakar pendidikan anak Seto Mulyadi atau akrab dipanggil Kak Seto yakni, guru yang keren merupakan guru yang memahami psikologi anak didik. Pada dasarnya, siswa membutuhkan sosok guru yang memperhatikan dan mengerti dunia anak-anak yang dididik, bahkan paham akan psikologi siswanya. Itulah sosok guru yang sukses, profesional dan keren.

Dalam seminar yang diadakan di Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Kak Seto menjabarkan lima ciri utama mendidik anak dengan bermain. Karena menurutnya, salah satu metode ajar yang tepat adalah dengan cara bermain, bukan dengan cara kekerasan agar mengerti, ataupun membentak anak dengan nada tinggi.

Dalam seminar "Peran Profesionalisme Guru dalam Menjawab Pendidikan Menuju Generasi Emas", ia menjelaskan 5 ciri tersebut bahwa pertama, bermain didorong oleh motivasi dari diri sendiri, sehingga apa akan dilakukan anak memang betul-betul memuaskan dirinya, bukan karena iming-iming hadiah atau karena diperintah orang lain. Kedua, dengan bermain dipilih secara benar sesuai keinginan anak. Ketiga, bermain adalah kegiatan yang menyenangkan. Keempat, bermain tidak selalu harus menggambarkan hal yang sebenarnya, dan kelima, bermain senantiasa melibatkan peran serta aktif anak, baik secara fisik, psikologis maupun keduanya sekaligus.

Menengok beberapa kekerasan yang terjadi belakangan ini, Kak Seto menegaskan bahwa fenomena tersebut tak bisa dilepaskan dari didikan guru dan orang tua pada anak saat kecil.

Tak hanya memahami psikologi si anak, para guru juga diharapkan dapat mengembangkan bakat dan kemampuan murid. Mengembangkan berbagai kemampuan seperti sikap rendah hati, ramah, sopan santun, kedisiplinan, juga kemampuan berbicara secara jelas, tegas, lancar, menarik, menyanyi, bergerak lincah dan gesit, serta yang paling penting adalah kreatif.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)