Kabar Gembira! Gaji Guru Tidak Tetap dan Pegawai Tidak Tetap Segera Cair!

28 November 2016 Berita Pendidikan


Mendekati penghujung tahun, setidaknya kini ada kabar gembira bagi para Guru tidak tetap (GTT) dan pegawai tidak tetap (PTT) di Surabaya. Pasalnya, Kemendagri telah menyetujui perihal pencairan bantuan operasional pendidikan daerah (bopda) triwulan IV.

Seperti pada konsultasi di Kemendagri yang dilangsungkan belum lama ini, Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Surabaya Reni Astuti salah satu yang hadir itu menjelaskan bahwa Bopda 2016 dari pemkot siap cair.

Pada acara tersebut, perwakilan dari berbagai kota juga diundang pada forum yang membahas masalah peralihan kewenangan yang diatur Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 itu.

Dalam hal ini permasalahan berada pada gaji GTT/PTT yang tidak lagi ditanggung Pemkot Surabaya terhitung sejak 1 Januari 2017. Mengingat kewenangan SMA/SMK berpindah ke Provinsi Jatim. Sebelumnya, Gubernur Jatim Soekarwo memastikan GTT/PTT bakal ditanggung provinsi meski GTT/PTT dilantik bupati atau wali kota.

Namun, selama ini gaji GTT/PTT Surabaya dibayar sesuai UMK.

Untuk permasalahan nominal gaji saat ini, Reni menjelaskan bahwa hal tersebut belum ditentukan opsi penganggarannya. Sejauh ini GTT/PTT menerima gaji dari anggaran bopda.

Reni juga berharap gaji GTT/PTT bisa dicairkan sebelum Hari Guru 25 November.

Terkait dengan segera cairnya dana untuk GTT/PTT, Koordinator GTT dan PTT Jatim Eko Mardiono merespon positif akan hal ini. Ia berharap bahwa seluruh sekolah bisa segera berkoordinasi untuk mencairkan dana tersebut pada setiap GTT dan PTT.

Ia kemudian menambahkan bahwa keputusan tersebut membawa angin segar bagi GTT dan PTT yang selama ingin ngempet memenuhi kebutuhan ekonomi.

Di lain waktu, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Saiful Rachman berharap semua pihak bisa berperan dalam urusan pembiayaan pendidikan. Mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, maupun pemerintah kabupaten/kota.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)