Jumlah Akreditasi Sekolah Tahun 2015 Capai Angka 37.308 Satuan Pendidikan

18 Desember 2015 Berita Pendidikan


Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah merilis jumlah sekolah yang sukses diakreditasi di tahun 2015. Dengan tuntasnya pelaksanaan program akreditasi sekolah dasar dan madrasah pada tahun ini, sekiranya ada sebanyak 37.308 telah terealisasi dari target awal sebanyak 29.830 satuan pendidikan.

Abdul Mukti, selaku Ketua Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah mengatakan jumlah ini didominasi oleh jenjang SD/MI (16,311), diikuti jenjang SMP/MTs (6,802), jenjang SMK (4,647), jenjang SMA/MA (1,836), dan jenjang SLB (578).

Jawa Timur menjadi wilayah yang jumlah sekolah dan madrasahnya terbanyak diakreditasi. Disusul oleh 4 provinsi lainnya Sulawesi Selatan, Sumatra Barat, Kalimantan Barat, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Sedangkan lima terkecil jumlah SD/madrasah yang diakreditasi adalah Papua, Bangka Belitung, Papua Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Gorontalo

Di tahun anggaran 2016 nanti, target akreditasi SD/madrasah akan diprioritaskan pada SD/madrasah yang akreditasi ulang. Disamping itu, sasaran akreditasi juga diutamakan kepada SD/madrasah yang termasuk ke dalam daerah terluar, dan terpencil.

Prioritas kedepannya juga akan menargetkan beberapa SD/madrasah yang dari tak terakreditasi menjadi akreditasi C, dari C ke B lalu B ke A.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)