Juara di Negeri Singa

13 September 2013 Berita Pendidikan


Siapa bilang Indonesia tidak mempunyai anak-anak muda berbakat. Lagi dan lagi mahasiswa asal Indonesia mengukir prestasi di negeri Singa, Singapura. Kali ini sang mahasiswa itu berasal dari President University.

Tim mahasiswa President University yang terdiri dari Riany Amelia, Medyana Juniarti, dan Rianty Setiawati menyampaikan makalah Cikarang Dry Port. Di mana tema tersebut mempunyai potensi yang dapat menjadi tonggak inovasi untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi bagi pelaku usaha di Indonesia.

Para mahasiswa ini berhasil menjadi 2nd Runner Up dalam Asia Pacific Supply Chain Management Challenge (AP-SCMC) di Singapura yang diselenggarakan pada 4-5 September 2013.

Ketiga pemakalah itu menyatakan, permasalahan yang dihadapi Indonesia saat ini adalah keterbatasan pelabuhan laut dan tingginya dwelling time. Selain itu, minimnya infrastruktur dan ketidak pastian waktu pengiriman serta tingginya biaya menjadi tantangan bagi pelaku usaha industri untuk menurunkan total logistics cost yang masih tinggi di Indonesia.

Dengan konsep inland port serta inovasi truck matching yang diusulkan, tim ini percaya bahwa keberadaan Cikarang Dry Port dapat memberikan lebih banyak nilai tambah bagi kondisi logistik eksisting yang ada di Indonesia.

AP-SCMC diperuntukkan untuk mahasiswa tingkat akhir sebagai bagian dari upaya mendekatkan perusahaan yang terkait dengan supply chain dan proyek inovasi di negara yang bersangkutan. Selain itu, program ini bertujuan untuk menumbuhkan minat berinovasi di kalangan mahasiswa terkait dengan industri logistik dan supply chain.

Seperti diketahui, AP-SCMC merupakan bagian dari rangkauan kegiatan Supply Chain Asia Forum 2013. Patut dibanggakan, makalah itu mendapat apresiasi positif dari para peserta yang merupakan profesional di bidang supply chain management se Asia Pacific. AP-SCMC tahun ini diikuti oleh 10 finalis dari enam negara, yaitu Singapura, Malaysia, Vietnam, Taiwan, Filipina, dan Indonesia. Sebagai juara pertama adalah delegasi Filipina.

(Dikutip dari okezone.com)