Jokowi: SMK Inpres Siap Digarap Serius Tahun Ini

7 April 2016 Berita Pendidikan


Dalam upaya membangun infrastruktur yang kuat dan meningkatkan sumber daya manusia yang maju, tepatnya tahun lalu, Presiden Joko Widodo sempat mencanangkan bahwa akan ada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Inpres pada tahun 2016.

Hal ini Jokowi sampaikan pada saat memberikan kata sambutan di acara Kongres IV Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) 2015 silam.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Ir Sumarna F. Abdurahman, ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), di Jakarta. Rendahnya kualitas tenaga kerja di Indonesia akan segera diatasi dengan pengembagan pendidikan vokasi dan pembentukan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Inpres.

Maka dari itu, SMK Inpres ini tengah digarap secara serius. Meskipun Jokowi sendiri belum berbicara banyak mengenai rencana pembangunan SMK Inpres di tahun ini.

Untuk konsep, SMK Inpres yang akan Jokowi bangun kali ini sama dengan sekolah Inpres yang pernah ada sebelumnya, yaitu sekolah yang dibangun oleh presiden di daerah-daerah tertinggal. Sama halnya seperti zaman orde baru kala itu, Presideng RI Soeharto mengeluarkan instruksi presiden (Inpres) untuk membangun sekolah dasar guna memenuhi kebutuhan pendidikan di daerah.

Hal ini juga terkait dengan memperkuat SDM tanah air dalam menghadapi era pasar besar pada Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) awal 2016 mendatang. Maka dari itu, porgram SMK Inpres merupakan salah satu solusi untuk para generasi penerus bangsa dan bisa bersaing dengan bangsa lain.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)