Jelang Unbk, Siswa SMKN 3 Bondowoso Basuh Kaki Ibu

29 Maret 2018 Berita Pendidikan


Tepat tanggal 2 April 2018, siswa SMK akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Berbagai persiapan dilakukan. Salah satu persiapan unik yang dilakukan SMKN 3 Bondowoso akhir pekan lalu. Sekolah ini mengadakan Acara Sungkeman dengan membasuh kedua kaki orang tuanya.

Kepala SMKN 3 Bondowoso Umar Said mengatakan, acara sungkeman dan membasuh kaki orang tua itu adalah rangkaian persiapan UNBK. Tujuannya adalah doa bersama orang tua siswa kelas XII dan pembekalan mental spiritual. Tujuannya menggapai potensi diri, menata budi pekerti dan melejitkan prestasi.

Dalam hal ini pihak sekolah melibatkan orang tua atau wali siswa kelas XII SMKN 3 Bondowoso. Awalnya dilakukan istighotsah bersama di aula. Selanjutnya para siswa diminta sungkem dan membasuh kedua kaki orang tua atau wali. Hal itu untuk menata budi pekerti. Sebab, selama ini tidak banyak siswa yang pernah sungkem dan meminta maaf kepada orang tuanya.

Umar menambahkan, adanya sungkeman sembari siswa meminta maaf adalah awal untuk menggapai cita-cita. Dengan sungkeman, restu orang tua tercurahkan kepada siswa. Semoga cita-cita terkabul dan menjadi manusia yang bermartabat serta memiliki budi pekerti dan kemandirian.

Pihak sekolah titip kepada seluruh orang tua agar turut menjaga kesehatan siswanya menjelang pelaksanaan UNBK. Kontrol orang tua menjadi hal yang sangat penting. Misalnya memberi waktu belajar siswa dan mengurangi anak ke luar malam, sehingga fokus belajar. Kepala sekolah berharap, dalam pelaksanaan UNBK seluruh siswa bisa lolos 100 persen.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)