Jawa Timur Sabet Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2016

7 September 2016 Berita Pendidikan


Belum lama ini, Kementrian Agama beserta Direktur Pendidikan Madrasah , Nurkholis Setiawan menyerahkan dengan bangga piala bergilir dari ajang tahunan bergengsi untuk tingkat madrasah yakni Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2016 kepada Provinsi Jawa Timur.

Kali kelima diselenggarakan, ajang tahunan ini berhasil menobatkan Provinsi Jawa Timur sebagai juara umum KSM 2016 dengan perolehan 11 medali dengan rincian 9 medali emas dan dua medali perak.

Direktur Pendidikan Madrasah, Nurkholis Setiawan menyatakan selamat kepada Jawa Timur selaku juara umum pada KSM ke 5 tahun 2016. Ia berharap, prestasi siswa-siswi madrasah dalam ajang ini dapat menjadikan madrasah lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang.

Jawa Timur gagah membawa beberapa medali pada tiap jenjang seperti di tingkat MI, Jatim berhasil meraih dua emas pada bidang Matematika dan IPA. Sedangkan di tingkat MTs, tiga medali emas berhasil diraih pada bidang Matematika, Biologi, dan Fisika. Empat medali emas berikutnya diraih oleh kontingen MA pada bidang Matematika, Biologi, Kimia, dan Ekonomi. Sementara, dua medali perak diraih dari bidang Geografi dan Fisika MA.

Tak hanya prestasi semata, Nurkholis mengharapkan agar siswa-siswi madrasah harus mengedepankan akhlak mulia, yang menjadi bagian dari revolusi mental. Sebab, lanjutnya, di tengah-tengah kerendahan hati, siswa-siswi madrasah dapat menunjukkan bahwa mereka mampu berprestasi dalam berbagai bidang ilmu.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)