Jatim Raih Juara Umum Ajang O2SN 2015

11 Agustus 2015 Berita Pendidikan


Ajang olahraga bergengsi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2015 secara resmi telah ditutup. Tahun ini Makassar, Sulawesi Selatan menjadi tuan rumah ajang olahraga yang telah diselenggarakan sejak 2008 tersebut.

Tahun ini, provinsi Jawa Timur keluar sebagai juara umum pada olimpiade olahraga siswa seluruh Indonesia tersebut serta berhak menerima Piala Bergilir O2SN dari provinsi Jawa Barat sebagai juara umum tahun lalu.

Jawa Timur berhasil menorehkan 18 medali emas, 14 medali perak, dan 15 medali perunggu. Jumlah perolehan tersebut nyatanya lebih sedikit dibandingkan juara umum tahun lalu yaitu sebanyak 27 emas. Akan tetapi, provinsi Jawa Timur telah meraih predikat juara umum sebanyak 7 dari 8 kali penyelenggaraan O2SN.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hamid Muhammad memberi selamat kepada provinsi Jawa Timur, juara umum yang pernah lepas dan kembali lagi.

Sedangkan itu, dari total 394 medali yang diperebutkan, peringkat kedua dalam ajang O2SN ini diraih oleh provinsi Jawa Barat dengan 15 medali emas, 14 medali perak, dan 12 medali perunggu. Juara umum peringkat ketiga diraih oleh provinsi Jawa Tengah dengan 14 medali emas, 10 medali perak dan 10 medali perunggu.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)