Japan Science and Technology Agency Mengundang Pelajar Indonesia untuk Mengikuti Pelatihan di Jepang

12 Agustus 2014 Berita Pendidikan


Jepang merupakan salah satu kekuatan besar dalam era globalisasi ekonomi, politik, pendidikan, dan budaya, selain Amerika Serikat dan Eropa Barat. Tentunya suatu impian besar bagi setiap pelajar yang ingin menimba ilmu di negeri matahari terbit tersebut.

Kesempatan emas datang dari JAPAN Science and Technology Agency (JST) kepada pelajar Indonesia. Sebanyak 20 pelajar Indonesia diundang ke Jepang untuk mengikuti pelatihan singkat soal ilmu pengetahuan. Para pelajar yang terdiri 9 orang perempuan dan 11 orang laki-laki ini merupakan sebagain dari 280 pelajar setingkat SMA dari sembilan negara, diantaranya Cina dan Thailand.

Bersama pelajar dari delapan negara lainnya, para pelajar Indonesia yang berasal dari 14 SMA ini mengikuti pelatihan mulai 3 sampai 9 Agustus 2014. Dalam program yang digelar mulai Juli 2014 hingga Maret 2015, lembaga ini juga mengundang sekitar 120 mahasiswa S1 dan mahasiswa pasca sarjana serta peneliti Indonesia. "Mereka akan mengunjungi universitas Jepang, Yayasan publik, dan perusahaan bisnis yang bergerak di bidang ilmu pengetahuan," ujar JST dalam keterangannya. Dalam program singkat selama 7 hingga 10 hari ini para pelajar akan mendapatkan kuliah khusus dari penerima Nobel dalam ilmu pengetahuan, Dr Toshihide Masukawa.

Semoga pelatihan yang di berikan oleh negara Jepang kepada pelajar Indonesia menjadi salah satu program dan metode pelatihan yang efektif sebagai solusi untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang berkembang saat ini, sehingga pelajar Indonesia yang diberikan pelatihan diharapkan dapat menerapkan hasilnya kelak di saat pulang kembali ke tanah air Indonesia.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari pelitaonline.com)