Jangankan di Pedalaman, di Bekasi Pun Ratusan Siswa Belajar di Lantai

9 September 2009 Berita Pendidikan


CIKARANG, KOMPAS.com Lebih dari 500 ruang kelas sekolah dasar negeri di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, belum dilengkapi fasilitas meja dan kursi sehingga para siswa terpaksa menjalani proses belajar di lantai.

Sekolah tersebut di antaranya SDN 1 Sukamanah Kecamatan Sukatani, SDN 4 Sukajadi Kecamatan Sukakarya, dan SDN 2 Karang Bahagia Kecamatan Karang Bahagia. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Rusdi di Cikarang, Selasa (8/9), mengatakan, hingga kini pihaknya sudah menggelar tender pengadaan meja kursi untuk 304 ruang kelas.

"Tahun ini sudah dialokasikan melalui Anggaran Biaya Tambahan (ABT) APBD 2009 sebesar lebih dari Rp 11 miliar, yaitu untuk pengadaan meja kursi di sebanyak 304 ruang kelas," katanya.

Anggaran untuk satu ruang kelas, kata dia, sebesar Rp 31 juta dengan jumlah 40 kursi dan 20 meja. Direncanakan, pada akhir 2009, rencana ini sudah bisa direalisasikan.

"Sebanyak 196 sisanya akan dianggarkan pada APBD 2010. Jumlah itu pun masih bisa lebih karena masih banyak meja kursi yang butuh penggantian. Saya targetkan 2010 sudah tidak ada lagi sekolah tanpa kursi meja," katanya.

Ditemui secara terpisah, Kepala SDN 1 Sukamanah Solihin mengatakan, saat ini ada sebanyak tiga lokal kelas yang tidak dilengkapi meja dan kursi. Menurutnya, situasi tersebut sudah dialami siswa sejak tiga tahun lalu. Pengajuan bantuan ke Pemkab Bekasi sudah sering dilakukan, tetapi belum mendapatkan tanggapan.

"Ya mau bagaimana lagi, memang begini kenyataannya," katanya. "Hingga kini belum ada tindakan apa pun. Tanggapan sudah pernah dijanjikan dengan pengadaan meja kursi pada tahun ini, tapi belum ada tanda-tanda apa pun akan dibantu," katanya.

LTF

Sumber: edukasi.kompas.com