Jangan Lewatkan!, Akademi Otomotif Toyota Akan Segera di Buka

31 Oktober 2015 Berita Pendidikan


Kabar baik untuk siswa SMK, terutama mereka yang bergelut di bidang otomotif. PT Toyota Manufacturing Indonesia (TMMIN) berencana mendirikan sebuah akademi manufaktor otomotif. Akademi ini sendiri diberi nama Toyota Indonesia Academy (TIA). Atas komitmen tersebut, Dirjen Pembinaan Pelatihan dan produktivitas (Binalattas) Kemenristek Dikti, Ridwan dan Bupati Karawang, Celilica Nurrachdiana mendampingi seluruh manajemen TMMIN dan Toyota Motor Corporation(TMC) untuk meresmikan proyek tersebut.

Akademi tersebut direncanakan akan setara dengan Diploma 1. Total investasi lebih dari Rp 70 Milliar, TIA akan dilengkapi berbagai infrastruktur dan sarana yang bisa dibilang canggih. Untuk tahap pertama TIA sudah melakukan penerimaan terhadap 32 siswa. Mereka akan belajar dan mendapatkan beasiswa secara penuh dari Toyota untuk belajar manufaktur.

Kedepannya, TIA mempunyai target untuk menyerap 100-150 peserta didik setiap tahunnya. Untuk mencetak paling tidak 1000 tenaga ahli di bidang manufaktor otomotif yang siap terjun ke dunia industry.

TIA direncanakan akan mulai beroperasi pada tahun 2016. Pembangunannya dibagi ke 2 tahap. Tahap pertama pembangun gedung sedangkan tahap kedua pengembangan yang jika sesuai rencana akan selesai di tahun 2017.

Dalam tiga tahun terakhir, selain menggelar pelatihan regular dan kontes keterampilan karyawan, TMMIN dan Toyota-Astra Motor (TAM) telah mengembangkan dua pusat pelatihan dan pendidikan yaitu, TMMIN Learning Center (TLC) dan Toyota Technical Center (TTC)

Fasilitas TIA yang berdiri diatas lahan seluas 1 ha akan menggabungkan kurikulum dasar, keahlian teknis, dan budaya atau karakter industry. Dengan berpatokan pada keseimbangan antara teori dan praktik, pengajarnya pun diambil dari institusi pendidikan lokal dan jepan. Para pengajar merupakan tenaga professional di bidangnya dan telah di sertifikasi.

Semoga dengan adanya program ini lulusan SMK dapat lebih unggul dan menjadi pemimpin di tempat kerjanya. Untuk mencapai tujuan tersebut, TIA memastikan akan melakukan yang terbaik untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk para siswa SMK, jangan lewatkan kesempatan ini.

Oleh: Muhamad Erzal
(Diolah dari berbagai sumber)