Jalur Khusus ITB Patok Biaya Rp 25-80 Juta

10 Juni 2010 Berita Pendidikan


Institut Teknologi Bandung tahun ini mematok biaya masuk kuliah dari jalur khusus antara Rp 25-80 Juta. Walau begitu, peminatnya meningkat dibanding tahun lalu.

Ketua Panitia ujian saringan masuk (USM) ITB Mindri mengatakan, peserta tes kali ini sekitar 8 ribu orang. Jumlah itu naik dibanding peserta tahun lalu sebanyak 6 ribu calon mahasiswa.

Mereka memperebutkan jatah 2.165 kursi mahasiswa baru ITB dari jalur khusus. "Pengumuman penerimaannya mulai bisa dibuka pukul 14.00 WIB tadi di website," katanya di gedung Rektorat ITB, Rabu (9/6).

Adapun Wakil Rektor ITB Bidang Komunikasi dan Informasi Hasanuddin Z. Abidin, tak semua mahasiswa yang diterima itu berasal dari keluarga kaya. Sebab, kata dia, tahun ini ada 250 mahasiswa yang diterima dengan jalur beasiswa. "Sisanya 200 beasiswa untuk jalur SNMPTN," ujarnya.

Biaya paling mahal itu diterapkan di Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB sebesar Rp 80 juta. Fakultas atau sekolah lainnya paling murah Rp 25 juta. "ITB ingin adil. Orang tua yang mampu bayar mahal, bayar sepenuhnya," kata dia.

Tahun ini ITB menerima 2.165 mahasiswa baru dari jalur khusus berbiaya masuk puluhan juta rupiah dan 1.130 orang yang lolos SNMPTN. (ANWAR SISWADI)

Sumber: Tempointeraktif.Com