Berita Pendidikan
21 Desember 2013

Jadwal UN SMP-SMA 2014, dan untuk SD Berubah Jadi Ujian Sekolah

UN adalah kegiatan pengukuran dan penilaian pencapaian standar kompetensi lulusan SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, SMK/MAK secara nasional meliputi mata pelajaran tertentu.Jadwal Ujian Nasional (UN) SMP hingga SMA sudah keluar. Sementara UN SD kini berubah, lebih banyak proporsi soal dari sekolah hingga berubah nama menjadi Ujian Sekolah/Madrasah (USM).

Perkembangan putusan terakhir, ujian sekolah untuk SD dan setingkatnya akan bernama US/M , ujian sekolah/madrasah," kata Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud Dadang Sudiarto saat menjawab pertanyaan mengenai nasib UN SD.

Hal itu disampaikan dia dalam jumpa pers Rakor Persiapan Implementasi Kurikulum 2013 di Tahun 2014 dan UN 2014 di Hotel Grand Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (1/12/2013).

Hadir pula dalam jumpa pers itu Sekjen Kemendikbud Ainun Naim dan Kepala Pusat Kurikulum dan Pembukuan Balitbang Kemdikbud, Ramon Mohandas.

Lantas apa bedanya US/M dan UN untuk SD?

Kalau yang lalu, ada ujian sekolah dan nasional. Sekarang hanya ujian sekolah. Ada 3 mata pelajaran, dan kita akan beri standardisasi, 25 persen soal dari pemerintah, 75 persen dari satuan pendidikan di provinsi/kabupaten," imbuh Dadang.

3 Mata pelajaran itu adalah Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Untuk SD luar biasa (SDLB)

IPA diganti IPS dan pendidikan kewarganegaraan. US/M ini tetap diadakan serentak," kata Dadang.

Berikut jadwal pelaksanaan ujian akhir itu:

US/M SD: 19-21 Mei 2014

UN SMA: 14-16 April 2014

Ujian Nasional bagi siswa Sekolah Menengah Pertama tahun pelajaran 2013/2014 akan digelar pada 5-8 Mei 2014. Sedangkan UN Susulan dilaksanakan pada 12-6 Mei 2014. (lihat Jadwal UN SMP/MTs/SMPLB 2013/2014)

Ada empat mata pelajaran yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jumlah soal untuk Bahasa Indonesia 50 soal, Matematika 40 menit, Bahasa Inggris 50 menit, dan IPA 40 menit. Alokasi waktu masing-masing mata pelajaran 120 menit.

Berdasarkan Prosedur Operasi Standar yang diterbitkan Badan Standar Nasional Pendidikan selaku penyelenggara UN, UN Susulan berlaku bagi peserta didik yang sakit atau berhalangan. Kondisi tersebut dibuktikan dengan surat keterangan yang sah.

Untuk UN Sekolah Dasar, mulai tahun pelajaran 2013/2014 ditiadakan. Ini merupakan konsekuensi logis dari penerapan Kurikulum 2013.

Oleh: Iman S

(Dikutip dari berbagai sumber)

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris