Jadwal UN Akan di Rombak? Ini Penyebabnya

12 April 2016 Berita Pendidikan


Kemendikbud bersama Badan Standar Nasional Pendidikan berencana untuk melaksanakan UNKP dan UNBK pada waktu yang bersamaan.

Opsi tersebut dipertimbangkan karena adanya aduan dari masyarakat terkait dugaan bocornya naskah soal UNKP. Selain opsi tersebut pemerintah juga menyiapkan opsi lain yaitu dengan melaksanakan UNBK per wilayah, nantinya dalam satu kabupaten atau kota, semua sekolahnya serentak menyelenggarakan UNBK.

Kepala Puspendik Kemendikbud Nizam menjelaskan bahwa naskah soal UNKP berbeda dengan UNBK karena variasinya lebih tinggi. Namun Nizam tidak membantah jika ada kemungkinan kesamaan pada beberapa soal. Menurutnya hal tersebut bagian dari kebutuhan pengukuran. Tetapi soalnya beda.

UN 2016 yang dilaksanakan dengan dua metode, ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dan ujian nasional berbasis kertas dan pensil. Perbedaan jadwal pelaksanaan kedua metode UN sempat membuat khawatir kalau soal akan bocor dari UNKP yang pelaksanaannya 3 hari, kepada peserta UNBK yang jadwalnya enam hari.

Oleh: Muhamad Erzal
(Diolah dari berbagai sumber)