ITB Wakili Indonesia di Kompetisi Robotika Abu Robocon 2015

28 Juni 2015 Berita Pendidikan


Putra-putri bangsa kini kembali mengharumkan nama bangsa karena tengah mewakili Indonesia pada kompetisi robot internasional Asia-Pasific Broadcasting Union (ABU) Robocon 2015.

Kali ini Unit Robotika Institut Teknologi Bandung (ITB) yang maju mewakili Indonesia pada agang bergengsi tersebut setelah memenangkan Kontes Robot Asia-Pacific Broadcasting Union Indonesia (KRAI) Tingkat Regional 2015.

Unit Robotika ITB dari tim yang beranggotakan Agung Nuza Dwi Putra (Teknik Elektro 2012), Rendy Wandarosanza (Teknik Elektro 2012), Eko Budi Satrio (Teknik Mesin 2012), Helwin Andrealin (Teknik Mesin 2012), Restu Ikhsanul Fikri (Teknik Mesin 2011), dan Fanny Achmad Hindrarta (Teknik Elektro 2012) tersebut siap membawa robot bertajuk Dagominton untuk berlaga di tingkat Internasional Agustus mendatang.

Tim peraih piala bergilir Pemerintah RI Piala Sambhawana Pratimacala kala itu kini optimistis dapat menjuarai ABU Robocon 2015.

"Kami percaya bahwa usaha yang maksimal, latihan disiplin dan saling kerja sama antar anggota tim akan menghantarkan Tim Dagominton menjuarai ABU Robocon 2015," tutur Pemimpin Project Dagominton ITB Eko Budi Satrio.

Asia-Pasific Broadcasting Union (ABU) Robocon tahun ini mengusung tema Robominton sehingga Tim Unit Robotika ITB sepakat membuat robot yang bernama Dagominton.

Robot Dagominton ITB mempunyai spesifikasi handal dengan dua tipe, pertama robot service yang memiliki kemampuan melakukan service rendah dan service lambung, dilengkapi dua raket tambahan yang digunakan untuk mengembalikan bola netting.

Robot service menggunakan transmisi timing belt dan tiga motor serta roda omniwheel.

Sedangkan tipe kedua adalah robot attack yang hampir sama dengan robot service, tetapi transmisi menggunakan kopling dan empat motor dengan roda omniwheel.

Prestasi Tim Unit ITB tidak dapat diragukan lagi. Dalam Kontes Robot Indonesia Tingkat Regional tahun 2015 pertengahan April kemarin, ITB merebut tiga posisi juara, yakni Juara Pertama kategori KRAI(Kontes Robot Asia-Pacific Broadcasting Union Indonesia), Juara Pertama kategori KRSI(Kontes Robot Seni Tari Indonesia) dan Juara Pertama kategori KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia).

Tidak hanya itu, tim ITB juga juga memperoleh dua penghargaan, yakni Robot Dengan Algoritma Terbaik kategori KRPAI Beroda dan penghargaan Robot Dengan Tarian Terbaik kategori KRSI.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)