Ironis! Lulusan Sekolah Berjibun, Lapangan Pekerjaan Malah Sedikit

2 Desember 2016 Berita Pendidikan


Kabupaten Berau, Kalimantan Timur kini menjelma sebagai tempat favorit banyak pelamar pekerjaan baik dari warga lokal hingga luar daerah. Hal ini tentu akan berdampak pada daya saing yang semakin ketat dan menggeser bagi siapa saja yang tidak memiliki keahlian.

Terkait hal tersebut, Bupati Berau Muharram mengingatkan seluruh masyarakat Berau untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan diri. Terlebih tiap tahun ke tahun pertumbuhan penduduk menjadikan Berau sudah penuh sesak dan menjadi ajang persaingan lapangan pekerjaan yang jumlahnya tidak sebanding.

Muharram mengatakan bahwa setiap tahunnya ada ribuan lulusan sekolah menengah atas (SMA) di Berau. Setengah diantaranya langsung berusaha mencari lapangan pekerjaan. Namun, mengingat keterbatasan kemampuan / skill, menjadikan tamatan SMA sulit mendapat pekerjaan.

Sedikit berbeda dengan lulusan SMK yang memang diasah untuk siap di dunia kerja begitu lulus.

Tak hanya itu, persaingan justru lebih ketat mengingat lulusan sarjana tiap tahunnya juga tidak kalah banyak baik mahasiswa yang kuliah di Berau meupun di luar Berau.

Dengan hal ini, Muharram mengatakan perlunya keseimbangan lulusan sekolah dengan lapangan pekerjaan yang ada. Disamping itu, perusahaan akan semakin concern dengan lulusan yang memiliki skill.

Adanya akademi kejuruan yang mampu bekerja sama dengan perusahaan dinilai sangat baik. Karena dengan kata lain, institusi bisa menciptakan generasi berkemampuan khusus di bidang pekerjaan sekaligus mencarikan peluang pekerjaan bagi alumninya.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)