IPB Luncurkan Mobil Klinik Tanaman

21 Januari 2010 Berita Pendidikan


BOGOR, KOMPAS.com - Institut Pertanian Bogor (IPB) meluncurkan Mobil Klinik Tanaman Terpadu yang akan memberikan layanan kepada para petani terkait masalah tanaman, tanah, hama, serta penyakit. Mobil seharga Rp 900 juta per unit itu merupakan hibah kompetisi dari Program Revitalisasi Pendidikan Tinggi Pertanian Ditjen Dikti.

Dekan Fakultas Pertanian IPB Prof Didi Sopandi menuturkan, mobil klinik tersebut juga memberikan layanan konsultasi arsitektur lanskap di sentra pertanian dan daerah mitra kerja IPB. IPB, lanjut dia, mewujudkan program Ditjen Dikti tersebut dengan membangun klinik tanaman terpadu yang bisa digunakan secara mobile.

Mobil klinik tersebut direncanakan mulai beroperasi pada Februari 2010. Pada tahap awal mobil ini baru akan melayani petani di kawasan Bogor, terutama di desa-desa sekitar kampus IPB. Ke depan, mobil klinik ini diharapkan bisa melayani petani lain di berbagai daerah di Indonesia dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat.

Ketua tim pengadaan Mobil Klinik Tanaman Terpadu Dr Suwardi mengatakan, mobil klinik tersebut dilengkapi dengan berbagai peralatan laboratorium untuk pengujian cepat tanah dan tanaman, diagnosa hama dan penyakit, kadar kemanisan buah, serta beberapa benih unggul tanaman hasil penelitian IPB.

"Sampel yang tidak bisa diuji di tempat akan dibawa ke laboratorium untuk pengujian lebih lanjut," katanya.

sumber: kompas.com