International Conference of Young Scientists: Ilmuwan Remaja 13 Negara Adu Cerdas di Bali

14 April 2010 Berita Pendidikan


Puluhan ilmuwan remaja dari 13 negara akan beradu kecerdasan di bidang sains dalam International Conference of Young Scientists (ICYS) ke-17 di Sanur, Denpasar, Bali, mulai 13 hingga 17 April mendatang.

Selain tuan rumah Indonesia, ke-13 negara itu antara lain Belarusia, Brazil, Kroasia, Jerman, Georgia, Hungaria, Belanda, Polandia, Rumania, Rusia, Turki, serta Rumania. Enam negara lainnya juga hadir, namun hanya sebagai pemantau, yakni Iran, Inggris, Thailand, Nigeria, Laos, serta Kamboja.

Peserta ICYS adalah pelajar tingkat SMP hingga SMA. Mereka akan beradu kepintaran dalam karya penelitian ilmiah di bidang ilmu fisika, matematika, komputer dan ekologi. Pada ICYS ke-16 tahun 2009 lalu di Polandia, Indonesia meraih gelar juara umum sehingga pada penyelenggaraan kali ini pun Indonesia menargetkan juara umum, terlebih sebagai tuan rumah.

"Sebagai tuan rumah harus punya target untuk mendapatkan emas dan menjadi juara umum," ujar Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh seusai membuka secara resmi ICYS ke-17 di Hotel Inna Grand Bali Beach, Selasa siang (13/4/2010).

Penulis: C4-10/Editor: latief

Sumber: Kompas.Com