Inilah Pentingnya Mengingat Nomor NISN!

3 Maret 2016 Berita Pendidikan


Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) menjadi kode identitas bagi setiap siswa. NISN digunakan untuk sistem pendataan siswa skala nasional. Walau hanya sederetan angka, tapi nomor ini sangat penting terkait prosedur yang bersangkutan dengan lembaga pendidikan.

Lantas, apa gunanya seorang siswa memiliki NISN? Perlu diketahui bahwa pemerintah melakukan pendataan siswa melalui NISN. Sistem pendataan ini berlaku selama menjadi siswa di Indonesia, mulai dari SD, SMP, SMA, bahkan hingga Perguruan Tinggi.

NISN akan berlaku seumur hidup, di jenjang pendidikan manapun di Indonesia, jadi siswa tidak perlu repot mengganti NISN. Selain itu, dengan NISN dapat dilihat data perkembangan pendidikan seorang siswa. Pemerintah dapat mengamati jumlah siswa putus sekolah dari data NISN siswa yang tidak melanjutkan ke pendidikan selanjutnya.

NISN juga dapat membantu siswa yang memilih metode belajar nonformal atau homeschooling untuk melanjutkan ke perguruan tinggi yang merupakan pendidikan formal. Dengan NISN, proses melanjutkan pendidikan akan lebih mudah.

Nah, sudah tahu kan pentingnya NISN? Maka dari itu, jangan sampai siswa lupa NISNnya!

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)