Inikah Saatnya Memilih China?

11 Mei 2011 Berita Pendidikan


Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan jika memutuskan untuk melanjutkan studi ke China. Salah satunya adalah memiliki prestasi akademik yang baik.

China saat ini merupakan salah satu tujuan utama pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studinya ke luar negeri. Pasalnya, selain perekonomiannya yang sedang maju, biaya kuliah di China pun jauh lebih murah dibandingkan dengan negara-negara di Eropa dan Amerika Serikat.

Atase Pendidikan KBRI Beijing Chaerun Anwar kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (10/5/2011), mengatakan, Pemerintah China termasuk salah satu negara yang ketat dalam proses pembelajaran.

"Vietnam setiap tahunnya mendapat lebih dari 500 beasiswa dari Pemerintah China karena mereka itu orangnya rajin-rajin," ujar Chaerun.

Chaerun mengatakan, di salah satu universitas di China, 40 mahasiswanya berasal dari Indonesia. Para mahasiswa tersebut mendapatkan beasiswa dari Pemerintah China karena prestasi akademiknya bagus. Beasiswa pun beragam, seperti pembebasan penuh biaya kuliah, pembayaran setengah SPP (parsial), dan pembayaran seperempat SPP.

"Jadi, dapat dikatakan sangat menguntungkan. Karena, selain mereka menguasai teknologi dan berbiaya murah, mereka juga mempunyai sistem pendidikan yang baik," kata Chaerun.

Oleh karena itu, jika Anda merasa orang yang tekun, rajin, serta memiliki akademik yang baik, sudah saatnya memikirkan untuk bergabung bersama 7.000 mahasiswa asal Indonesia yang sudah lebih dulu berada di Negeri Tirai Bambu ini.

Sumber: kompas.com