Ini Dia Rumah Matematika yang Baru Diresmikan oleh Bu Risma

15 Januari 2017 Berita Pendidikan


Beberapa waktu lalu Surabaya telah resmi memiliki Rumah Matematika yang dikhususkan untuk para pelajar SD dan SMP di Balai Pemuda.

Acara peresmian tersebut mendatangkan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau yang akrab dipanggil bu Risma.

Melihat pengalaman yang lalu, ketika bu Risma menyambangi beberapa sekolah, matematika kadang menjadi momok bagi murid apalagi menjelang ujian. Terlebih nilai yang diperoleh murid lebih banyak yang di bawah 6.

Menurut dia, ada banyak siswa yang telah salah dalam mengenal matematika sehingga banyak yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang menyeramkan dan sulit.

Dengan hadirnya Rumah Matematika ini, dirinya yakin bahwa murid yang tadinya tidak bisa akan bisa dan terpenting, tidak menjadikan matematika sebagai momok lagi.

Nah, Rumah Matematika ini nantinya mengedepankan proses pengajaran yang dikemas dengan sesuatu yang menyenangkan karena bisa dikaitkan kehidupan sehari-hari.

Nantinya, sambung Wali Kota, akan ada beberapa relawan dari kelompok belajar yang menjadi tutor/pengajar di Rumah Matematika yang dibuka mulai pukul 14.30 WIB sampai 16.00 WIB lalu sesi kedua 16.00 WIB-17.30 WIB.

Pelajar yang ingin aktif belajar di Rumah Matematika, lanjut dia, bisa mendaftar di Balai Pemuda untuk kemudian diatur kapan waktu pengajarannya.

Pendapat senada juga diutarakan oleh Ketua Dewan Pendidikan Kota Surabaya Martadi yang turut mengapresiasi positif inisiatif Pemkot Surabaya untuk membangun Rumah Matematika.

Menurutnya, keberadaan Rumah Matematika akan mampu menjawab persoalan di Surabaya di mana ada anak-anak yang kesulitan memahami matematika.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)