Ini Dia Roket Mini Barang Bekas Ciptaan Siswa SMA di Kabupaten Langkat

12 Januari 2017 Berita Pendidikan


Bila banyak orang menganggap barang bekas hanya sekumpulan barang tidak berguna, lain halnya jika berada di tangan siswa SMA satu ini. Siswa di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, berhasil membuat roket mini dari barang bekas yang ada di lingkungan sekolah mereka yang bisa mereka terbangkan dengan bantuan air dan angin.

Menurut salah satu siswa yang terlibat dalam pembuatan Roket Mini ini, Patuan mengatakan bahwa idenya ini diperoleh saat mendapat pelajaran fisika dari gurunya.

Untuk dapat menciptakan roket mini tersebut, ia mulai mengumpulkan berbagai barang bekas di sekolahnya, dan memulai penelitian serta membuat roket mini yang dipamerkan pada Hari Jadi Kabupaten Langkat ke 266 di Alun-alun Amir Hamzah Stabat.

Roket buatannya tersebut dapat terbang setinggi 20 meter dengan mempergunakan barang bekas yang diisi air dan angin. Dengan memanfaatkan botol air mineral, pipa paralon, kertas karton, gergaji besi, lem dan selotif ia kemudian merakitnya sedemikian rupa untuk menciptakan roket mini.

Sri Langkat Nur Hasanah selaku Kepala Sekolah menyebut siswanya berhasil mengaplikasikan teori yang dia dapatkan di sekolah. Ini semua berkat dari keseriusan siswa sehingga kedepannya ia berharap mampu mengaplikasikan ilmu murid-murid ketika terjun ke masyarakat.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)