Ini Dia Daftar 15 Game Berbahaya untuk Anak yang Dirilis Kemendikbud

18 April 2016 Berita Pendidikan


Hidup di era informasi yang serba mudah ini menjadikan batasan kepada anak-anak semakin bebas. Permainan digital pun terkadang menjadi sebuah bumerang jika tidak diawasi oleh orang tua. Alhasil si anak justru bermain game yang di dalamnya mengandung konten tidak sesuai umur.

Baru-baru ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merilis 15 game berisi kekerasan dan berbahaya untuk anak-anak. Pada dasarnya, game yang sudah dibuat oleh beberapa developer sejatinya telah mencantumkan rating serta batasan usia dalam memainkan hal itu. Namun, pengawasan serta perhatian orang tua akan konten permainan mungkin seringkali dilupakan.

Inilah daftar 15 game berbahaya yang dirilis Kemendikbud:

  1. World of Warcraft,
  2. Call of Duty,
  3. Point Blank,
  4. Cross Fire,
  5. War Rock,
  6. Counter Strike,
  7. Mortal Kombat,
  8. Future Cop,
  9. Carmageddon,
  10. Shelshock,
  11. Raising Force,
  12. Atlantica,
  13. Conflict Vietnam,
  14. Bully,
  15. Grand Theft Auto (GTA).


Dalam hal ini, Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD-Dikmas) Kemdikbud Harris Iskandar berharap agar orang tua semakin aware dalam mendampingi anak-anak saat bermain game.

Wahyu Farrah Dina selaku Direktur Indonesia Herritage Foundation (IHF) mengatakan ada banyak tips untuk mensiasati anak-anak yang kecanduan game. Seperti atur jadwal mereka dengan kegiatan pengganti main game dengan olahraga ataupun seni. Farrah juga menambahkan bahwa tips selanjutnya yang bisa Anda orang tua lakukan adalah jauhi anak dengan game atau konsol secara bertahap. Tempatkan game atau konsol permainan tersebut di ruang tamu atau ruang keluarga sehingga orang tua juga bisa tahu dan dapat mengawasi dengan mudah.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)