Ini Dia 6 Provinsi yang Memiliki Angka Buta Aksara Tertinggi di Indonesia

16 September 2016 Berita Pendidikan


Buta aksara memang menjadi salah satu masalah tersendiri bagi suatu negara. Kemampuan baca dan menulis memang menjadi hal yang sangat penting terlebih hidup di era modern saat ini. Namun, beberapa provinsi di Indonesia sendiri masih ada beberapa masyarakatnya dengan jumlah buta aksara yang tinggi.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melansir data enam provinsi tertinggi buta aksaranya. Yang mengejutkan, provinsi tertinggi didominasi Pulau Jawa.

Seperti dikatakan oleh Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud Harris Iskandar, urutan pertama dalam tingkat tertinggi angka buta aksara ada di Provinsi Jawa Timur. Dari data yang telah dihimpun 2015, sebanyak 5,9‎ juta penduduk Indonesia yang buta aksara, Provinsi Jatim mengoleksi 1.458.184 warga tidak bisa baca tulis. Disusul Jawa Tengah sebanyak 943.683 orang, Jawa Barat 604.378, Papua 584.441 orang, Sulawesi Selatan 375.221, dan Nusa Tenggara Barat 315.258 orang.

Tingginya buta aksara di wilayah Jawa menurut Harris, dipicu oleh tidak meratanya pendidikan yang diperoleh penduduk. Dengan jumlah penduduk banyak dan tersebar di wilayah 3T, membuat masyarakat sulit mendapatkan akses pendidikan.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)