Indosat-ITB Kembangkan Aplikasi Mobile

10 Januari 2011 Berita Pendidikan


BANDUNG - PT Indosat bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan generasi muda dalam bidang aplikasi mobile. Kerja sama tersebut diwujudkan dengan penandatanganan nota kesepahaman.

Wakil Rektor ITB Hasanuddin Z Abidin bersama Director and Chief Wholesale and Infrastructure Officer Indosat Fadzri Sentosa menandatangani nota kesepahaman itu di Bandung, Sabtu (8/1/2011). Kerja sama bertujuan mengembangkan inovasi aplikasi, informasi, penelitian jaringan, serta memunculkan ahli-ahli dalam industri teknologi mobile yang dapat menciptakan nilai tambah bagi dunia kampus dan masyarakat secara luas.

Implementasi kerja sama itu, misalnya, dilakukan dengan mendirikan Indosat Innovation Lab. Tempat itu didirikan untuk mengembangkan sistem inkubasi sebagai upaya membantu para pengembang aplikasi dan inovator muda, serta memberikan wadah bagi mereka agar dapat bereksperimen dan berdiskusi secara intensif.

"Indosat Innovation Lab akan menjadi pusat pertemuan para inovator muda dalam melakukan eksperimen untuk mengembangkan aplikasi berbasiskan berbagai sistem telepon seluler," kata Fadzri.

Di tempat itu juga tersedia sarana dan prasarana untuk melakukan komunikasi serta eksperimen bagi generasi muda yang berminat dalam pengembangan aplikasi mobile. Indosat Innovations Lab dilengkapi ruang peraga, seminar, pengembang, serta akses broadband.

Ruang peraga misalnya, bisa dimanfaatkan penggunanya untuk mencoba berbagai aplikasi terkini dari produsen peralatan elektronik. Adapun ruang pengembang bisa diakses melalui internet.

Bentuk kerja sama lain Indosat dengan ITB yakni inisiatif membangun aplikasi mobile, program pascasarjana untuk mempromosikan pengembangan inovasi-inovasi dalam teori, serta konsep dan arsitektur serta optimalisasi jaringan. Mahasiswa yang memenuhi kriteria juga diberi kesempatan mendapatkan pengalaman dalam industri melalui mitra program melalui magang atau kerja praktik.

Selain itu, Indosat membuka peluang kerja sama dalam bidang riset dan inovasi dengan dosen atau peneliti ITB.

Sumber: kompas.com