Indonesia Menetapkan 28 November sebagai Hari Dongeng Nasional!

5 Desember 2015 Berita Pendidikan


Untuk menghormati segala jasa almarhum Drs Suyadi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pak Raden, Kemendikbud dan sejumlah pendongeng mendeklarasikan 28 November manjadi Hari Dongeng Nasional. Tanggal tersebut dipilih karena bertepatan dengan tanggal lahir sang tokoh dongeng tersebut.

Menurut Mendikbud Anies Baswedan, Pak Raden sangat berjasa bagi generasi muda di Indonesia. Almarhum merupakan salah satu pendongeng paling tersohor di Tanah Air. Tak hanya mendongeng, Pak Raden juga bisa melukis. Kekuatan terbesarnya adalah rasa cintanya pada anak - anak.

Tidak ada satupun pendongeng Indonesia yang tidak mengidolakan dan meneladani Pak Raden. Untuk itu menjadi suatu pukulan yang hebat saat mendengar kabar berpulangnya Pak Raden.

Adapun teks deklarasi yang dibacakan serentaak pleh para pendongeng di Aceh, Medan, Lampung, Palembang, Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Nusa Tenggara Barat, Bali, Saparua, Ambon, Sidrap, Majene, Pinrang, Makasar, dan masih banyak lagi.‎Berikut teksnya:

Deklarasi Forum Dongeng Nasional
Dengan menyebut nama Allah Tuhan yang Maha Esa

Kami para pencita dongeng Indonesia
Kami para pendidik, pustawakan, dan pemerhati anak, pada hari ini Sabtu 28 November 2015 pukul 10.00 WIB menyatakan perihal utama,

Demi kepentingan anak Indonesia dan keguyuban para pecinta dongeng, bahwa setiap tanggal 28 November dalam setiap tahun secara bersama di Indonesia merupakan sukacita cerita

Kami para pencinta dongeng Indonesia menjadikan tanggal 28 November sebagai Hari Dongeng Nasional.


Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)