ICW Selidiki Anggaran Pendidikan Kalsel

4 November 2009 Berita Pendidikan


BANJARMASIN, RABU - Untuk mengetahui sejauh mana efektivitas pelaksanaan anggaran pendidikan yang dipatok 20 persen dari APBD, Indonesian Coruption Watch (ICW) melakukan penyelidikan.

Rabu, (4/11) rombongan ICW itu bertemu dengan unsur pimpinan DPRD Kalsel. Wakil Ketua DPRD Riswandi mengatakan, penyelidikan lapangan itu dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia. Salah satunya, Kalsel.

"Mereka antara lain menanyakan sampai sejauh mana DPRD melakukan fungsi pengawasan, apakah program kerja yang didanai APBD bisa dilaksanakan,"kata Riswandi. ICW juga meminta dewan mengisi kuisioner untuk penelitian anggaran pendidikan.

Namun, pihaknya tak bisa menjelaskan pertanyaan ICW terkait besarnya dana anggaran pendidikan yang diterima dari pemerintah pusat. "Soal dana APBN kan pemprov yang tahu, Kami tak pernah diberi laporan," katanya.

Menurut Riswandi, anggaran pendidikan Kalsel sekarang lebih proporsional, karena lebih diarahkan ke program program peningkatan sumber daya manusia dan pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan kampus baru IAIN Antasari, Fakultas Kedokteran Gigi dan program pendidikan lainnya.

(HANANI)

Sumber: banjarmasinpost.co.id