Horeee... Dana BOS di Jabar Cair Lebih Cepat

26 Januari 2010 Berita Pendidikan


BANDUNG, KOMPAS.com - Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah pusat untuk siswa SD dan SMP di Jawa Barat dipastikan cair mulai Selasa (26/1/2010). Dana ini diharapkan dapat membantu sekolah menjalankan pendidikan gratis di tingkat SD-SMP sambil menunggu subsidi lainnya dari pemerintah provinsi dan daerah.
"Mungkin, Jabar yang tercepat se-Indonesia. Suntikan dana ini penting bagi SD-SMP yang tidak boleh lagi memungut dana dari masyarakat" Asep Hilman

"Besok (Selasa) dana sudah bisa dilihat di rekening masing-masing sekolah," ujar Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Provinsi Jabar Asep Hilman, Senin (25/1/2010).

Pencairan dana tersebut lebih cepat dua minggu dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun lalu, sebagai gambaran, dana BOS pusat baru bisa cair di minggu kedua bulan Februari.

"Mungkin, Jabar yang tercepat se-Indonesia. Suntikan dana ini penting bagi sekolah (SD-SMP) yang tidak boleh lagi memungut dana dari masyarakat. Apalagi, dana ini juga dibutuhkan untuk menghadapi Ujian Nasional," tuturnya.

Adapun nilai dana BOS pusat itu adalah Rp 713 miliar. Saat ini, ucapnya, Dinas Pendidikan Jabar juga masih menyiapkan proses pencairan dana BOS provinsi untuk SD, SMP, dan SMA. Sumber: edukasi.kompas.com