Himbauan Mendikbud, Tahun Ajaran Baru Menyanyikan Lagu Kebangsaan sebagai Pendidikan Karakter

17 Juni 2017 Berita Pendidikan


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di sela-sela kunjungan Presiden Joko Widodo membagikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Ciamis, sempat memberikan arahan untuk menyambut tahun ajaran baru 2017/2018. Mendikbud mengimbau kepada para siswa di tahun ajaran baru nanti, untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu nasional di sekolah sebagai salah satu bentuk penguatan pendidikan karakter. Nanti sebelum memulai pelajaran, nyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu nasional sebelum memulai pelajaran.

Menteri Muhadjir menjelaskan, dengan menyanyikan lagu tersebut, ia berharap akan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme. Menanggapi ini, Guru SMPN 2 Ciamis Elan Suherlan menyampaikan bahwa memang dengan membiasakan kebiasaan tersebut, dapat membentuk karakter para pelajar agar cinta tanah air. Itu pembiasaan yang bagus dan nanti perlahan bisa membuat pelajar mengerti bagaimana cinta tanah air dan Pancasila.

Sementara menurut Amia Rera, siswa SMK Mifahussalam Ciamis, menilai pembiasaan kegiatan tersebut sangat baik untuk menumbuhkan rasa nasionalisme bagi pelajar.

Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 23 tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti, setiap sebelum memulai pelajaran, siswa menyanyikan lagu kebangsaan dan/atau lagu nasional. Kemudian menyanyikan lagu daerah sebelum pulang. Salah satu tujuan dari Permendikbud nomor 23 tahun 2015 ini adalah untuk menumbuhkembangkan kebiasaan yang baik sebagai bentuk pendidikan karakter sejak di keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)