Hebat, Persoalan Pendidikan Bisa di Pecahkan oleh SMK Pesantren

3 September 2014 Berita Pendidikan


Sebenarnya apa sih pesantren itu? Banyak anggapan dari segelintir orang bahkan masyarakat yang mengartikan pesantren itu adalah tempatnya para santri hanya untuk menggali ilmu agama islam saja. Tetapi tahukah Anda, saat ini banyak pesantren-pesantren yang sudah modern. Dimana para santrinya dapat berprestasi seperti sekolah sederajat lainnya.

Ketua Unit Kerja Mendikbud Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan Tutik Rumiyati mengatakan, jumlah SMK Pesantren yang didirikan baru dua persen. Jumlah ini kecil jika dibandingkan dengan seluruh SMK umum. Jika seluruh pesantren di Indonesia turut mendirikan SMK maka persoalan Pendidikan Menengah Universal (PMU) dan wajib belajar 12 tahun bisa diselesaikan. "SMK Pesantren ini lebih mandiri, mereka tidak begitu tergantung dengan bantuan pemerintah,"ujar nya.

SMK pesantren mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat, perusahaan, juga pendiri pesantrennya. Ini memang SMK yang berangkat dari masyarakat. Sistem belajar sama dengan SMK biasa. "Namun memang ada pembiasaaan shalat berjamaah, lalu setiap mau melakukan kegiatan selalu diawali dengan berdoa,"ujar Tutik.

Meskipun kendala yang sering dialami, antara lain kurangnya peralatan dan fasilitas pembelajaran. Namun ada juga SMK Pesantren yang sudah punya asrama dan fasilitas bagus. Kalau ada kendala soal peralatan dan fasilitas, sebenarnya mereka bisa mengusulkan bantuan permintaan peralatan ke Kemendikbud. "katanya.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)